PETUNJUK PELAKSANAAN DAN TEKNIS PERLOMBAAN
DALAM RANGKA DIES NATALIS HIMAGRI KE-15
DALAM RANGKA DIES NATALIS HIMAGRI KE-15
A.
Ketentuan Umum
B.
Ketentuan Perlombaan
1. Pelaksanaan
Lomba bakar helm akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal :
Minggu, 05 November 2017
waktu :
08.40-08.55 WIB
tempat :
Lapangan voli PORGAFTA
2. Peraturan
a. Setiap angkatan wajib
mengirimkan 2 perwakilannya yaitu 1 putra dan 1 putri
b.
Yang
ada di dalam lintasan perlombaan hanya panitia yang bertugas (sie acara, MC,
Sie PDD, 5 pengawas waktu, dan 2 pengawas perlombaan ).
c. Peserta dilarang memakai alas
kaki (sepatu, sandal, dan sejenisnya)
d.
Peserta
dilarang mengenakan aksesoris (perhiasan, jam tangan, gelang,dan sejenisnya),
jika tetap memakai aksesoris resiko akan ditanggung oleh peserta sendiri.
3.
Tata Cara Perlombaan
a. Peserta membelakangi garis
start
b.
Perlombaan
akan dimulai dengan bunyi peluit kemudian peserta putra meraih karung dan
memasukkan badannya ke dalam karung serta pula memakai helm. Setelah itu,
melompat menuju ke tempat putri pada lintasan yang telah ditentukan
c.
sampai
di tempat putri, peserta putra langsung melepas karung dan helmnya untuk
dipakai oleh peserta putri
d. Peserta putri melanjutkan
permainan kembali menuju ke garis start.
e.
Peserta
dinyatakan menang apabila peserta putri bisa sampai kembali ke garis start
dengan waktu tercepat dan tidak di diskualifikasi (tidak melewati garis, tidak
mendorong peserta lain baik sengaja maupun tidak disengaja, dan tidak berangkat terlebih dahulu sebelum adanya
aba-aba)
II.
TARIK TAMBANG
1. Pelaksanaan
Lomba tarik tambang akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal :
Minggu, 05 November 2017
waktu :
09.00-09.20 WIB
tempat :
Lapangan voli PORGAFTA
2. Peraturan
a. Setiap angkatan wajib mengirim perwakilan 5 orang
yaitu 3 putri dan 2 putra
b. Waktu keterlambatan 5 menit
c. Jika terlambat tim akan di diskualifikasi
d. Permainan akan diawasi oleh wasit
e. Pertandingan akan dilakukan per dua tim
f. Antar kedua tim masing-masing akan saling
tarik menarik
g. Peserta dinyatakan menang
dalam pertandingan jika berhasil menarik lawan sampai melewati batas antarkedua tim.
h. jika masing – masing tim
didalam satu pertandingan itu seri maka akan ada penambahan waktu untuk
pertandingan.
3. Kerangka
perlombaan
Terlampir
III.
CERDAS CERMAT
1. Pelaksanaan
Lomba cerdas cermat akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal :
Selasa, 07 November 2017
waktu :
18.30-19.30 WIB
tempat :
Aula RKBB
2. Peraturan
a.
Setiap
angkatan wajib mengirim perwakilan 1 tim yang beranggotakan 3 orang.
b.
Peserta
harus hadir 10 menit sebelum lomba dimulai
c.
Jika
terlambat melebihi batas yang ditentukan dan peserta tidak hadir, maka
konsekuensinya di diskualifikasi
d.
Peserta
tidak diperbolehkan membawa perlengkapan apapun seperti alat komunikasi, alat
hitung, senjata tajam, dan sebagainya selain perlengkapan yang disediakan
panitia.
3.
Tata cara perlombaan
Perlombaan terdiri dari 4
babak yang mana babak 1 dan babak 2 merupakan babak penyisihan. Kemudian yang
bisa melanjutkan ke babak 3 dan babak 4 hanya tim yang memiliki 3 skor
tertinggi perolehan dari babak 1 dan 2, dan 2 skor terendah akan gugur dari
perlombaan.
a.
Babak 1 “Jawab saja” : (7
menit)
-
Panitia
menyediakan papan dada dan spidol kecil hitam
-
Disediakan
7 soal pengetahuan umum dan 5 soal cadangan, masing-masing soal bernilai 10
poin
-
Tiap
tim menjawab pertanyaan yang telah dibacakan oleh MC tepat setelah ada aba-aba
untuk menjawab dari MC
-
Diberikan
waktu 30 detik untuk menjawab
-
Jawaban
ditulis di kertas HVS yang telah disediakan, satu kertas untuk satu jawaban
-
Jawaban
akan diangkat dan diperlihatkan ke depan setelah waktu menjawab habis yang di
aba-aba oleh MC.
b.
Babak 2 “Amplop berharga” :
(20 menit)
-
Disediakan
1 soal pengetahuan umum yang sudah dikelompokkan berdasarkan kriteria dalam
amplop, dan masing-masing soal bernilai 20 poin
-
Untuk
mendapatkan soal tersebut ada perwakilan satu orang dari tim untuk
menyelesaikan tantangan dari panitia
-
Tantangan
berupa adu cepat mengupas kulit buah salak. Pengawas 1 dan 2 akan mengawasi tim
yang mengupas kulit buah salak jika terdapat kecuragan
-
Perwakilan
tim yang selesai mengupas kulit buah salak langsung menuju ke meja MC untuk
memilih amplop yang berisi soal.
-
Satu
amplop untuk satu tim, tetapi jika tim yang sudah memilih soal tersebut tidak
bisa menjawab maka akan dilempar ke tim yang lain dan tiap tim hanya memiliki 1
kesempatan untuk menjawab
-
Waktu
menjawab 30 detik
-
Nilai
20 hanya berlaku untuk yang memiliki soal saja dan nilai 10 berlaku untuk tim
lain yang bisa menjawab soal yang dilemparkan dari tim yang sebelumnya. Tidak
ada pengurangan poin bagi tim yang dilemparkan soal jika tidak bisa menjawab
c.
Babak 3 “Move on” : (15 menit)
-
Terdapat
20 soal teka-teki dan 10 soal cadangan, masing-masing soal pointnya 10 jika
bisa menjawab, dan jika tidak bisa menjawab maka nilai akan berkurang sebanyak
5 point
-
Peserta
akan berebut untuk menjawab soal tersebut
-
Pengawas
1 menunjuk tim yang mengangkat bendera lebih cepat
-
Peserta
dilarang menjawab soal sebelum ditunjuk
-
Waktu
menjawab soal 30 detik
d.
Babak 4 “Investasi” : (5
menit)
-
Masing-masing
tim akan diberi waktu 1 menit untuk menginvestasikan nilainya
-
Akan
diberikan 1 soal teka-teki, dan terdapat 3 soal cadangan apabila ada persamaan
point
-
Waktu
menjawab 30 detik
-
Jika
dapat menjawab soal maka nilai akan bertambah sesuai yang diinvestasikan
-
Jika
jawaban salah maka nilai akan dikurangi sesuai yang diinvestasikan
1. Pelaksanaan
Lomba stand up comedy akan
dilaksanakan pada :
hari, tanggal : Selasa, 07 November 2017
waktu : 19.40-20.55 WIB
tempat : Aula RKBB
2. Peraturan
a.
Setiap angkatan wajib mengirimkan perwakilan 2 orang.
b.
Peserta wajib hadir 10 menit sebelum lomba dimulai
c.
Jika terlambat peserta dikenakan denda sebesar Rp. 20.000,-
d.
jika dipanggil tiga kali peserta tidak hadir, maka dinyatakan didiskualifikasi
e.
Durasi minimal 5 menit, maksimal 7 menit
f.
Tema
g.
Berpakaian bebas, sopan, rapi, dan bersepatu
h.
Setiap peserta harus menaati peraturan yang sudah ditetapkan
i.
Jika melanggar aturan yang sudah ditetapkan panitia, peserta dinyatakan gugur
j. Keputusan dewan juri dan
panitia tidak dapat diganggu gugat
v Sistem penilaian :
1.
Ketetapan
waktu maksimal 7 menit.
2.
Public
speaking
3.
Penguasaan
materi
4.
Penguasaan
panggung
5.
Kreativitas
6.
Isi
materi
a.
Sistem
perlombaan
1.
Setiap
angkatan terdapat 2 peserta
2.
Dari
10 peserta akan diambil 2 peserta terbaik untuk memperebutkan juara 1 dan 2
3.
Urutan
tampil berdasarkan lotre
V. LOMBA
FUTSAL PUTRA PUTRI
1. Pelaksanaan
Lomba futsal akan dilaksanakan
pada :
hari, tanggal : Minggu, 05 November 2017 ( 18.30-22.00)
Jum’at, 17 November 2017 ( 18.30-22.00)
Sabtu,
18 November 2017 ( 06.40-08.20)
waktu : Pagi dan malam hari
tempat : Lapangan futsal PORGAFTA
2. Peraturan
v Peraturan dari panitia :
1.
Jumlah
pemain dalam satu Tim yaitu 5 pemain inti dan 2 pemain cadangan serta
didampingi oleh 2 official (1 pelatih dan 1 manager tim atau tim medis).
2.
Nomer
punggung yang dipergunakan oleh pemain yaitu 1 - 20.
3.
Setiap
Tim harus memakai kostum yang warnanya sama kecuali penjaga gawang harus beda
(Wajib ada Nomor Punggung).
4.
Tim
wajib menggunakan kaos kaki yang sewarna dan warnanya bebas asalkan 1 tim sama
semua, kecuali Penjaga Gawang boleh berbeda.
5.
Pada
saat akan bertanding, jumlah pemain paling sedikit 3 pemain tercantum dalam
Daftar Susunan Pemain (DSP).
6.
Wajib
menggunakan pelindung tulang kering (skin guard).
7.
Untuk
Official diberi kesempatan hanya 1 orang yang berhak berdiri dan memberikan
intruksi kepada Tim nya.
8.
Setiap
kartu kuning yang dikeluarkan di kenai denda sebesar Rp. 5.000 dan kartu merah
Rp. 10.000, demi terjaganya permain yang fair play dan tidak menjurus kasar.
(menyerahkan uang jaminan Rp. 30.000).
9.
Tidak
ada istilah pemutihan.
10.
Untuk
semua waktu pertandingan menggunakan 2 x 15(putra) menit dan 2 x 10 (putri)
menit kotor (Time Out Mati).
11.
Keterlambatan
tim adalah 10 menit.
v Peraturan perlombaan :
1.
Tidak
boleh mengeluarkan kata-kata kotor pada wasit dan sesama pemain
2.
Yang
boleh protes cuman Kapten Tim
3.
Pergantian
pemain dapat dilakukan saat bola ada didalam atau diluar permainan
4.
Time
Out satu menit dapat diminta di setiap babak
5.
Pemain
cadangan berada didaerah yang sudah ditentukan ( dibagian pinggir lapangan
sebelah barat)
6.
Setiap
keputusan wasit tidak boleh di ganggu gugat
7.
Sistem
pergantian pemain menggunakan sistem bebas tanpa harus minta instruksi wasit
8.
Penjaga
gawang tidak boleh memrgang bola lebih 5 detik
9.
Jika
kenak kartu merah pemain pengganti menunggu 2 menit untuk menggantikan
posisinya
10. Jika ada dua tim kostum yang
sama panitia sudah menyediakan rompi.
3. Kerangka
permainan
Terlampir
VI. LOMBA
BOLA VOLI
1. Pelaksanaan
Lomba bola voli akan
dilaksanakan pada :
hari, tanggal : Minggu, 05 November 2017 dan Sabtu, 18
November 2017
waktu : 14.40-16.50 WIB
tempat : Lapangan voli PORGAFTA
2. Peraturan
v Peraturan dari panitia:
1.
1
kali permainan 2 kemenangan, jika ada yang seri maka akan di tambah 1
kemenangan lagi dengan poin 15
2.
1
kemenangan permainan 25 poin,
3.
Kaos
warna sama
4.
Bersepatu
kecuali saat hujan
5.
Setiap
tim wajib ada supporter jika tidak ada makan akan dikenakan denda sebasar Rp.
50.000,- (suporter minimal 10)
6.
Yang
ada di dalam lapangan panitia yang bertugas (sie acara, MC (Fitriana S.), sie
PDD, anak bola (Agung setyawan dan Putri Devi A.), pemain (3 putra dan 3
putri), pemain cadangan minimal 2 orang, 2 official, dan pencatat skor
(Fitriana Ulfa).
7.
Keterlambatan
5 menit (keterlambatan ini di gunakan peserta yang sudah berada di lapangan
untuk pemanasan, jadi jika ada tim yang belum datang maka tidak mendapat
kesempatan pemanasan).
8.
10
menit sebelum pertandingan tiap tim wajib ada di lokasi pertandingan.
9.
Apabila
pemain tidak lengkap konsekuensinya bermain dengan anggota 4 orang
10. Untuk final di lakukan 3
kemenangan apabila terdapat tim yang menang di 2 set maka dinyatakan juara dan
tidak dilanjutkan untuk set selanjutnya.
v Peraturan permainan:
1.
Tiap-tiap
tim di beri hak memainkan bola sebanyak 3 kali, apabila melebihi jumlah
dianggap mati
2.
Seorang
pemain tidak boleh memainkan bola 2 kali berturut-turut, jika melebihi dianggap
mati.
3.
Dikatakan
bola hidup apabila sudah di servis sampai bola mati/ ,menyentuh tanah
4.
Tim
yang melakukan servis dan lawan tidak bisa mengembalikan bola berhak
mendapatkan 1 poin
5.
Wasit
akan diambil dari setiap angkatan yaitu 2014 (Assiqin), 2015 (M. Rizky Deri
A.), 2016 (Muchammad Diky F.), dan 2017 (Slamet Hermanto).
6.
Jika
pemain menyentuh net maka diperbolehkan
v Pelanggaran permainan :
1.
Pemain
mempengaruhi wasit (kongkalingkong)
2.
Menegur
wasit dan pembantu wasit
3.
Kedua
kaki lawan masuk ke dalam area lawan
4.
Meninggalkan
lapangan tanpa izin
5.
Tangan
terlalu masuk pada saat blocking
6.
Dilarang
memakai aksesoris
3. Kerangka
permainan
Terlampir
KONSEP TECHNICAL MEETING
Ø Technical Meeting akan
dilaksanakan pada :
hari, tanggal :
Selasa, 31 Oktober 2017
pukul :
19.30-selesai
tempat :
Gedung RKBB ruang 101/102
Ø Yang akan menghadiri :
1.
DPO
2.
Pengurus
Harian
3.
POSDM
4.
SC
5.
PJ
6.
OC
7.
CO
8.
Sie
Acara
9.
Koordinator
Angkatan 2 orang
10.
Wasit
(futsal, voli, dan tarik tambang)
11.
Penulis
skor (voli dan futsal)
12.
MC
setiap perlombaan
13.
Pengawas
waktu, pengawas perlombaan, dan peniup peluit balap karung
14.
Pengawas
dan penulis skor CC
15.
Pengawas
waktu stand up comedy
Ø Sistem TM :
Pembukaan
akan dilakukan oleh sekertaris pelaksana (Dinda K.), kemudian diserahkan kepada
ketua pelaksana (M. Yusri M.). Lalu diserahkan kepada CO sie acara ( Amilatun
M.) untuk kemudian mempersilahkan para penanggungjawab (PJ) untuk memaparkan
peraturan dan tata cara perlombaan masing-masing. Pemaparan akan dilakukan
perlomba yang mana setiap usai pemaparan suatu perlombaan akan dilanjutkan
dengan sesi tanya jawab. Setelah itu dilakukan lotre (lotre untuk lomba futsal,
bola voli, dan stand up comedy).
Untuk
lomba futsal dan bola voli, setelah pelotrean akan langsung dibentuk wasit dari
tiap permainan . Setelah itu acara selesai .
Ø Posisi Duduk TM:
Didepan pintu
masuk ruang kelas terdapat Sie Sekret untuk mengisi absensi kehadiran dan
terdapat Sie Konsumsi yang akan membagikan konsumsi .
Dimeja dosen
ditempati oleh operator (Dian A.S) dan juga moderator (Feby A)
Dibarisan pertama : Sie acara 7 orang dan benpel 1 orang, DPO 2
orang
Dibarisan kedua : DPO 1 orang, PH 5 orang, POSDM 4 orang
Dibarisan ketiga : POSDM 6 orang , SC 3 orang, PJ 1 orang
Dibarisan keempat
: wasit voli 4 orang, penulis skor voli 1 orang, MC voli 1 orang, wasit futsal
4
Dibarisan kelima :
wasit futsal 4 orang, mc futsal 1 orang, penjaga skor futsal 1 orang, wasit
tarik tambang 1 , peniup peluit balap karung 1 , pengawas waktu balap karung 2
Dibarisan
keenam : pengawas waktu balap karung 2,
mc balap karung 1, pengawas perlombaan balap karung 2 , pengawas cc 4, mc stand
up 1
Dibarisan ketujuh
: perwakilan angkatan 2013 2 0rang, Perwakilan angkatan 2014 2 orang,
perwakilan angkatan 2015 2 orang, perwakilan angkatan 2016 2 orang, perwakilan
angkatan 2017 2 orang
Dibarisan kedelapan : CO PDD,
CO sekret , CO perlengkapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar