Translate

Minggu, 17 Juni 2018

CONTOH TECHNICALMEETING

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN TEKNIS PERLOMBAAN
DALAM RANGKA DIES NATALIS HIMAGRI KE-15
A. Ketentuan Umum
1. Mengisi Formulir pendaftaran
2. Melengkapi persyaratan pendaftaran
B. Ketentuan Perlombaan
1.  Pelaksanaan
Lomba bakar helm akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal  : Minggu, 05 November 2017
waktu                        : 08.40-08.55 WIB
tempat           : Lapangan voli PORGAFTA

2.  Peraturan
a.    Setiap angkatan wajib mengirimkan 2 perwakilannya yaitu 1 putra dan 1 putri
b.    Yang ada di dalam lintasan perlombaan hanya panitia yang bertugas (sie acara, MC, Sie PDD, 5 pengawas waktu, dan 2 pengawas perlombaan ).
c.    Peserta dilarang memakai alas kaki (sepatu, sandal, dan sejenisnya)
d.    Peserta dilarang mengenakan aksesoris (perhiasan, jam tangan, gelang,dan sejenisnya), jika tetap memakai aksesoris resiko akan ditanggung oleh peserta sendiri.
3. Tata Cara Perlombaan
a.    Peserta membelakangi garis start
b.    Perlombaan akan dimulai dengan bunyi peluit kemudian peserta putra meraih karung dan memasukkan badannya ke dalam karung serta pula memakai helm. Setelah itu, melompat menuju ke tempat putri pada lintasan yang telah ditentukan
c.    sampai di tempat putri, peserta putra langsung melepas karung dan helmnya untuk dipakai oleh peserta putri
d.    Peserta putri melanjutkan permainan kembali menuju ke garis start.
e.    Peserta dinyatakan menang apabila peserta putri bisa sampai kembali ke garis start dengan waktu tercepat dan tidak di diskualifikasi (tidak melewati garis, tidak mendorong peserta lain baik sengaja maupun tidak disengaja, dan tidak  berangkat terlebih dahulu sebelum adanya aba-aba)

II.   TARIK TAMBANG
1.  Pelaksanaan
Lomba tarik tambang akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal  : Minggu, 05 November 2017
waktu                        : 09.00-09.20 WIB
tempat           : Lapangan voli PORGAFTA

2.  Peraturan
a. Setiap angkatan wajib mengirim perwakilan 5 orang yaitu 3 putri dan 2 putra
b. Waktu keterlambatan 5 menit
c. Jika terlambat tim akan di diskualifikasi
d. Permainan akan diawasi oleh wasit
e. Pertandingan akan dilakukan per dua tim
f.  Antar kedua tim masing-masing akan saling tarik menarik
g. Peserta dinyatakan menang dalam pertandingan jika berhasil menarik lawan sampai  melewati batas antarkedua tim.
h. jika masing – masing tim didalam satu pertandingan itu seri maka akan ada penambahan waktu untuk pertandingan.

3.  Kerangka perlombaan
Terlampir

III.   CERDAS CERMAT
1.  Pelaksanaan
Lomba cerdas cermat akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal  : Selasa, 07 November 2017
waktu                        : 18.30-19.30 WIB
tempat           : Aula RKBB

2.  Peraturan
a.    Setiap angkatan wajib mengirim perwakilan 1 tim yang beranggotakan 3 orang.
b.    Peserta harus hadir 10 menit sebelum lomba dimulai
c.    Jika terlambat melebihi batas yang ditentukan dan peserta tidak hadir, maka konsekuensinya di diskualifikasi
d.    Peserta tidak diperbolehkan membawa perlengkapan apapun seperti alat komunikasi, alat hitung, senjata tajam, dan sebagainya selain perlengkapan yang disediakan panitia.

3.  Tata cara perlombaan
Perlombaan terdiri dari 4 babak yang mana babak 1 dan babak 2 merupakan babak penyisihan. Kemudian yang bisa melanjutkan ke babak 3 dan babak 4 hanya tim yang memiliki 3 skor tertinggi perolehan dari babak 1 dan 2, dan 2 skor terendah akan gugur dari perlombaan.
a.   Babak 1 “Jawab saja” : (7 menit)
-       Panitia menyediakan papan dada dan spidol kecil hitam
-       Disediakan 7 soal pengetahuan umum dan 5 soal cadangan, masing-masing soal bernilai 10 poin
-       Tiap tim menjawab pertanyaan yang telah dibacakan oleh MC tepat setelah ada aba-aba untuk menjawab dari MC
-       Diberikan waktu 30 detik untuk menjawab
-       Jawaban ditulis di kertas HVS yang telah disediakan, satu kertas untuk satu jawaban
-       Jawaban akan diangkat dan diperlihatkan ke depan setelah waktu menjawab habis yang di aba-aba oleh MC.

b.  Babak 2 “Amplop berharga” : (20 menit)
-       Disediakan 1 soal pengetahuan umum yang sudah dikelompokkan berdasarkan kriteria dalam amplop, dan masing-masing soal bernilai 20 poin
-       Untuk mendapatkan soal tersebut ada perwakilan satu orang dari tim untuk menyelesaikan tantangan dari panitia
-       Tantangan berupa adu cepat mengupas kulit buah salak. Pengawas 1 dan 2 akan mengawasi tim yang mengupas kulit buah salak jika terdapat kecuragan
-       Perwakilan tim yang selesai mengupas kulit buah salak langsung menuju ke meja MC untuk memilih amplop yang berisi soal.
-       Satu amplop untuk satu tim, tetapi jika tim yang sudah memilih soal tersebut tidak bisa menjawab maka akan dilempar ke tim yang lain dan tiap tim hanya memiliki 1 kesempatan untuk menjawab
-       Waktu menjawab 30 detik
-       Nilai 20 hanya berlaku untuk yang memiliki soal saja dan nilai 10 berlaku untuk tim lain yang bisa menjawab soal yang dilemparkan dari tim yang sebelumnya. Tidak ada pengurangan poin bagi tim yang dilemparkan soal jika tidak bisa menjawab

c.   Babak 3 “Move on” : (15 menit)
-       Terdapat 20 soal teka-teki dan 10 soal cadangan, masing-masing soal pointnya 10 jika bisa menjawab, dan jika tidak bisa menjawab maka nilai akan berkurang sebanyak 5 point
-       Peserta akan berebut untuk menjawab soal tersebut
-       Pengawas 1 menunjuk tim yang mengangkat bendera lebih cepat
-       Peserta dilarang menjawab soal sebelum ditunjuk
-       Waktu menjawab soal 30 detik

d.  Babak 4 “Investasi” : (5 menit)
-       Masing-masing tim akan diberi waktu 1 menit untuk menginvestasikan nilainya
-       Akan diberikan 1 soal teka-teki, dan terdapat 3 soal cadangan apabila ada persamaan point
-       Waktu menjawab 30 detik
-       Jika dapat menjawab soal maka nilai akan bertambah sesuai yang diinvestasikan
-       Jika jawaban salah maka nilai akan dikurangi sesuai yang diinvestasikan


1.  Pelaksanaan
Lomba stand up comedy akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal  : Selasa, 07 November 2017
waktu                        : 19.40-20.55 WIB
tempat           : Aula RKBB

2.  Peraturan
a. Setiap angkatan wajib mengirimkan perwakilan 2 orang.
b. Peserta wajib hadir 10 menit sebelum lomba dimulai
c. Jika terlambat peserta dikenakan denda sebesar Rp. 20.000,-
d. jika dipanggil tiga kali peserta tidak hadir, maka dinyatakan didiskualifikasi
e. Durasi minimal 5 menit, maksimal 7 menit
f. Tema
g. Berpakaian bebas, sopan, rapi, dan bersepatu
h. Setiap peserta harus menaati peraturan yang sudah ditetapkan
i. Jika melanggar aturan yang sudah ditetapkan panitia, peserta dinyatakan gugur
j. Keputusan dewan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat

v  Sistem penilaian :
1.    Ketetapan waktu maksimal 7 menit.
2.    Public speaking
3.    Penguasaan materi
4.    Penguasaan panggung
5.    Kreativitas
6.    Isi materi

a.    Sistem perlombaan
1.      Setiap angkatan terdapat 2 peserta
2.      Dari 10 peserta akan diambil 2 peserta terbaik untuk memperebutkan juara 1 dan 2
3.      Urutan tampil berdasarkan lotre


V.   LOMBA FUTSAL PUTRA PUTRI
1.  Pelaksanaan
Lomba futsal akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal  : Minggu, 05 November 2017 ( 18.30-22.00)
  Jum’at, 17 November 2017  ( 18.30-22.00)
                        Sabtu, 18 November 2017 ( 06.40-08.20)
waktu                        : Pagi dan malam hari
tempat           : Lapangan futsal PORGAFTA

2.  Peraturan
v  Peraturan dari panitia :
1.      Jumlah pemain dalam satu Tim yaitu 5 pemain inti dan 2 pemain cadangan serta didampingi oleh 2 official (1 pelatih dan 1 manager tim atau tim medis).
2.      Nomer punggung yang dipergunakan oleh pemain yaitu 1 - 20.
3.      Setiap Tim harus memakai kostum yang warnanya sama kecuali penjaga gawang harus beda (Wajib ada Nomor Punggung).
4.      Tim wajib menggunakan kaos kaki yang sewarna dan warnanya bebas asalkan 1 tim sama semua, kecuali Penjaga Gawang boleh berbeda.
5.      Pada saat akan bertanding, jumlah pemain paling sedikit 3 pemain tercantum dalam Daftar Susunan Pemain (DSP).
6.      Wajib menggunakan pelindung tulang kering (skin guard).
7.      Untuk Official diberi kesempatan hanya 1 orang yang berhak berdiri dan memberikan intruksi kepada Tim nya.
8.      Setiap kartu kuning yang dikeluarkan di kenai denda sebesar Rp. 5.000 dan kartu merah Rp. 10.000, demi terjaganya permain yang fair play dan tidak menjurus kasar. (menyerahkan uang jaminan Rp. 30.000).
9.      Tidak ada istilah pemutihan.
10.   Untuk semua waktu pertandingan menggunakan 2 x 15(putra) menit dan 2 x 10 (putri) menit kotor (Time Out Mati).
11.   Keterlambatan tim adalah 10 menit.

v  Peraturan perlombaan :
1.    Tidak boleh mengeluarkan kata-kata kotor pada wasit dan sesama pemain
2.    Yang boleh protes cuman Kapten Tim
3.    Pergantian pemain dapat dilakukan saat bola ada didalam atau diluar permainan
4.    Time Out satu menit dapat diminta di setiap babak
5.    Pemain cadangan berada didaerah yang sudah ditentukan ( dibagian pinggir lapangan sebelah barat)
6.    Setiap keputusan wasit tidak boleh di ganggu gugat
7.    Sistem pergantian pemain menggunakan sistem bebas tanpa harus minta instruksi wasit
8.    Penjaga gawang tidak boleh memrgang bola lebih 5 detik
9.    Jika kenak kartu merah pemain pengganti menunggu 2 menit untuk menggantikan posisinya
10.  Jika ada dua tim kostum yang sama panitia sudah menyediakan rompi.

3.  Kerangka permainan
Terlampir

VI.   LOMBA BOLA VOLI
1.  Pelaksanaan
Lomba bola voli akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal  : Minggu, 05 November 2017 dan Sabtu, 18 November 2017
waktu                        : 14.40-16.50 WIB
tempat           : Lapangan voli PORGAFTA
2.  Peraturan
v  Peraturan dari panitia:
1.    1 kali permainan 2 kemenangan, jika ada yang seri maka akan di tambah 1 kemenangan lagi dengan poin 15
2.    1 kemenangan permainan 25  poin,
3.    Kaos warna sama
4.    Bersepatu kecuali saat hujan
5.    Setiap tim wajib ada supporter jika tidak ada makan akan dikenakan denda sebasar Rp. 50.000,- (suporter minimal 10)
6.    Yang ada di dalam lapangan panitia yang bertugas (sie acara, MC (Fitriana S.), sie PDD, anak bola (Agung setyawan dan Putri Devi A.), pemain (3 putra dan 3 putri), pemain cadangan minimal 2 orang, 2 official, dan pencatat skor (Fitriana Ulfa).
7.    Keterlambatan 5 menit (keterlambatan ini di gunakan peserta yang sudah berada di lapangan untuk pemanasan, jadi jika ada tim yang belum datang maka tidak mendapat kesempatan pemanasan).
8.    10 menit sebelum pertandingan tiap tim wajib ada di lokasi pertandingan.
9.    Apabila pemain tidak lengkap konsekuensinya bermain dengan anggota 4 orang
10.  Untuk final di lakukan 3 kemenangan apabila terdapat tim yang menang di 2 set maka dinyatakan juara dan tidak dilanjutkan untuk set selanjutnya.

v  Peraturan permainan:
1.    Tiap-tiap tim di beri hak memainkan bola sebanyak 3 kali, apabila melebihi jumlah dianggap mati
2.    Seorang pemain tidak boleh memainkan bola 2 kali berturut-turut, jika melebihi dianggap mati.
3.    Dikatakan bola hidup apabila sudah di servis sampai bola mati/ ,menyentuh tanah
4.    Tim yang melakukan servis dan lawan tidak bisa mengembalikan bola berhak mendapatkan 1 poin
5.    Wasit akan diambil dari setiap angkatan yaitu 2014 (Assiqin), 2015 (M. Rizky Deri A.), 2016 (Muchammad Diky F.), dan 2017 (Slamet Hermanto).
6.    Jika pemain menyentuh net maka diperbolehkan

v  Pelanggaran permainan :
1.    Pemain mempengaruhi wasit (kongkalingkong)
2.    Menegur wasit dan pembantu wasit
3.    Kedua kaki lawan masuk ke dalam area lawan
4.    Meninggalkan lapangan tanpa izin
5.    Tangan terlalu masuk pada saat blocking
6.    Dilarang memakai aksesoris

3.  Kerangka permainan
Terlampir




KONSEP TECHNICAL MEETING
Ø Technical Meeting akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal            : Selasa, 31 Oktober 2017
pukul                       : 19.30-selesai
tempat                    : Gedung RKBB ruang 101/102

Ø Yang akan menghadiri :
1.   DPO
2.   Pengurus Harian
3.   POSDM
4.   SC
5.   PJ
6.   OC
7.   CO
8.   Sie Acara
9.   Koordinator Angkatan 2 orang
10.   Wasit (futsal, voli, dan tarik tambang)
11.   Penulis skor (voli dan futsal)
12.   MC setiap perlombaan
13.   Pengawas waktu, pengawas perlombaan, dan peniup peluit balap karung
14.   Pengawas dan penulis skor  CC
15.   Pengawas waktu stand up comedy

Ø Sistem TM :
Pembukaan akan dilakukan oleh sekertaris pelaksana (Dinda K.), kemudian diserahkan kepada ketua pelaksana (M. Yusri M.). Lalu diserahkan kepada CO sie acara ( Amilatun M.) untuk kemudian mempersilahkan para penanggungjawab (PJ) untuk memaparkan peraturan dan tata cara perlombaan masing-masing. Pemaparan akan dilakukan perlomba yang mana setiap usai pemaparan suatu perlombaan akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah itu dilakukan lotre (lotre untuk lomba futsal, bola voli, dan stand up comedy).
Untuk lomba futsal dan bola voli, setelah pelotrean akan langsung dibentuk wasit dari tiap permainan . Setelah itu acara selesai .
Ø Posisi Duduk TM:
Didepan pintu masuk ruang kelas terdapat Sie Sekret untuk mengisi absensi kehadiran dan terdapat Sie Konsumsi yang akan membagikan konsumsi .
Dimeja dosen ditempati oleh operator (Dian A.S) dan juga moderator (Feby A)
Dibarisan pertama : Sie acara 7 orang dan benpel 1 orang, DPO 2 orang
Dibarisan kedua     : DPO 1 orang, PH 5 orang, POSDM 4 orang
Dibarisan ketiga     : POSDM 6 orang , SC 3 orang, PJ 1 orang
Dibarisan keempat : wasit voli 4 orang, penulis skor voli 1 orang, MC voli 1 orang, wasit futsal 4
Dibarisan kelima : wasit futsal 4 orang, mc futsal 1 orang, penjaga skor futsal 1 orang, wasit tarik tambang 1 , peniup peluit balap karung 1 , pengawas waktu balap karung 2
Dibarisan keenam  : pengawas waktu balap karung 2, mc balap karung 1, pengawas perlombaan balap karung 2 , pengawas cc 4, mc stand up 1
Dibarisan ketujuh : perwakilan angkatan 2013 2 0rang, Perwakilan angkatan 2014 2 orang, perwakilan angkatan 2015 2 orang, perwakilan angkatan 2016 2 orang, perwakilan angkatan 2017 2 orang

Dibarisan kedelapan : CO PDD, CO sekret , CO perlengkapan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar